Kodim 0201/BS: Jalin Kemitraan dengan Horas Bangso Batak Jaga Kondusivitas Kota Medan

MEDAN, DNT News – Saya senang sekali bisa bertemu dengan saudara-saudara. Apalagi visi organisasi ini salah satunya untuk menjaga kondusivitas masyarakat. Orang Batak ini luar biasa. Sepanjang saya berdinas di hampir seluruh daerah di Indonesia, saya selalu ketemu dengan orang Batak. Mereka sangat kompak.

Hal itu disampaikan Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar ketika menerima kunjungan pengurus Horas Bangso Batak (HBB), Rabu 19 Agustus 2020, di markas Kodim 0201/BS, Jln Pengadilan Medan. “Komando Distrik Militer (Kodim) 0201/BS Medan mendukung dan siap menjalin kemitraan dengan organisasi masyarakat (ormas) HBB dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat khususnya di Kota Medan,” katanya.

Agus Setiandar mengapresiasi dan siap mendukung serta bermitra dengan organisasi yang didirikan kurang lebih dua tahun yang lalu ini. Menurutnya, kehadiran ormas sangat penting untuk bersama-sama dengan pemerintah menjaga kondusivitas di suatu daerah.

“Apalagi Medan ini karakter masyarakatnya cukup keras. Tidak bisa hanya pemerintah yang berperan, partisipasi ormas dan tokoh masyarakat sangat penting,” ujar pria kelahiran Kabupaten Asahan ini.

Dandim 0201 BS Letkol Inf Agus Setiandar menerima audiensi HBB dipimpin Ketua Umum Lamsiang Sitompul SH MH dan Sekretaris Jenderal Luhut Situmorang SH

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat HBB Lamsiang Sitompul SH MH mengatakan bahwa kehadiran mereka untuk memperkenalkan HBB dan meminta arahan dari Dandim. Apalagi dalam waktu dekat akan digelar Pilkada serentak 2020.

“Salah satu latar belakang organisasi ini dibentuk untuk bersama-sama dengan pemerintah menjaga negeri ini dari intoleransi. HBB sendiri berpusat di Medan, Sumatera Utara dan memiliki kepengurusan di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Lamsiang menambahkan pihaknya menyambut baik dan siap dilibatkan bila ada program Kodim 0201/BS Medan. Apalagi yang berkaitan dengan bela negara dalam rangka menjaga kondusivitas kota Medan.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020

Sekretaris Jenderal DPP HBB Luhut Situmorang SH menambahkan bahwa meski HBB identik dengan Batak, namun tetap terbuka bagi orang di luar etnis Batak yang ingin bergabung di organisasi ini. “Sumatera Utara ini multietnis. HBB siap menerima siapa pun yang ingin bergabung sepanjang masih satu visi,” katanya.

Dalam audiensi itu pengurus DPP HBB yang hadir antara lain Ketua Umum Lamsiang Sitompul SH MH, Wakil Ketua Thompson Parapat SH, Sekretaris Jenderal Luhut Situmorang SH.


Kemudian Penasehat Satgas DPD HBB Sumatera Utara Amrin Pasaribu, Sekretaris Satgas DPD HBB Sumatera Utara Humpu Simaremare. Juga ikut dalam audiensi DPC HBB Kota Medan yakni Ketua Budi Sinurat AMd, Wakil Ketua Golden Sitanggang, dan Sekretaris Boy Situmorang.

Sementara dari DPC HBB Deli Serdang yang hadir antara lain Ketua Rames T Hutabarat, Wakil Ketua Sudirman Marbun, Sekretaris Hengki Boyke Nainggolan, dan puluhan anggota HBB lainnya. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel