Mr. Spirit Saut Sitompul, M.Si., CEM: 5K Cara Sukses dalam Era Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja

JAKARTA, DNT News – Siapa kita? Profesional yang memiliki 3M: Mau (karakter mulia); Mampu (kompetensi unggul); dan Mengabdi (kontribusi tinggi). Semangat! Semangaat! Semangaaat! Sehat dan tangguh. Apa kabar? Dasyat, Luar biasa. Yes, Yes, Yes… Boom.

Hal ini diserukan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional, sebagai pesan etos terkait 5K cara sukses dalam era Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja. “Hanya orang yang berkarakter tangguhlah yang mampu berselancar dalam gelombang perubahan,” katanya.

Disampaikannya batasan bahwa Omnibus Law sudah diterapkan di AS dan Kanada mulai tahun 1880-an. Menurut Audrey O” Brien (2009) Omnibus Law adalah suatu rancangan UU mencakup lebih dari satu aspek yang digabung menjadi satu UU. Tujuannya untuk kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan UMKM serta perkoperasian, peningkatan ekosistem investasi, kemudahan berusaha, investasi pemerintah pusat, dan percepatan proyek strategis nasional.

“Berdasarkan batasan dan tujuan, penetapan UU Omnibus Law sejatinya bernilai mulia. Menyederhanakan perizinan bagi investor dalam negeri dan asing dalam mendirikan badan usaha. Mengapa demikian? Sebab pada umumnya para investor lebih tertarik pada proses perizinan pendirian badan usaha yang efisien dan jalur pendek dari pada jalur birokratis,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 160/Nopember 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 160/Nopember 2020

Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Ketua Dewan Pendiri “International Motivator Association Indonesia” (IMAS) ini mengatakan walaupun pada umumnya tujuan UU Omnibus Law adalah untuk meningkatkan daya tarik investor, namun sebagian masyarakat Indonesia menolaknya. Tentu penolakan terhadap suatu kebijakan sah karena diatur oleh undang-undang, sepanjang tidak melanggar aturan yang berlaku ketika melakukan demonstrasi.

Menurutnya, cara terbaik dalam menyikapi perubahan adalah dengan memaknai kutipan bijak yang mengatakan: “Peristiwa yang kita alami tidaklah penting, tetapi respon kita atas peristiwa tersebut adalah segala-galanya. Atau masalah yang kita alami tidaklah penting, tetapi respon kita atas masalah tersebut adalah segala-galanya”.

Sebagai penulis yang memiliki panggilan motivator dan ethos master, Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM dengan tulus meneguhkan para sahabat yang sangat cerdas untuk tangguh menghadapinya dengan cara mengambil sikap positifnya. Sebab dari sisi konsep etos kerja ada 3 (tiga) wujud rahmat, berkat atau pasu-pasu yang diterima setiap manusia.


Pertama, General grace (berkat umum) yakni Tuhan menciptakan cahaya matahari, oksigen, dan tanah untuk kelangsungan hidup manusia. Kedua, Special Grace (berkat khusus) yakni Tuhan memberikan berkat khusus berupa kesehatan, pekerjaan, jabatan, memiliki usaha, dan lainnya. Ketiga, Blessing In disguise (berkat terselubung) yakni Tuhan kadang mengijinkan penderitaan pada ciptaan-Nya berupa sakit, pemutusan hubungan kerja, dan malapetaka lainnya.

Untuk itu diperlukan proses peningkatan dan penguatan 5K pada diri pekerja. Kompetensi artinya seluruh stakeholder melakukan pengembangan diri dan tim. Karakter artinya memperkuat karakter moral dan karakter kinerja. Kinerja artinya hasil kerja sesuai posisi, peran, dan fungsi. Kompensasi artinya balas jasa yang diterima para pekerja maupun pengusaha. Keharmonisan artinya serasi, rukun, selaras, memiliki relasi yang positif satu sama lain, dan enak dipandang.

“Apapun profesi, pekerjaan, jabatan, bisnis, dan usaha kita marilah terus meningkatkan 5K. Peningkatan 5K secara berkelanjutan tidak hanya bermanfaat pada era UU Omnibus Law Cipta Kerja tetapi dalam era-era seterusnya,” serunya.

“Marik kita sambut setiap hari dengan penuh SOS (Semangat, Optimis, dan Sukacita). Silahkan kunjungi #Saut Sitompul Motivator Channel. Tersedia 57 video yang pasti bermanfaat bagi sahabatku. Salam Etos: BHB (Bigger, Higher, Better) Semakin Besar, Semakin Tinggi, dan Semakin Baik,” pungkasnya. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel