Patambor Indonesia: Akan Gelar Peresmian Sopo Partukkoan, Musyawarah Nasional, dan Pesta Rakyat

LUMBAN JULU, DNT News – Untuk melepas kerinduan dan lebih mempererat jalinan silaturahmi sesama keturunan, Parsadaan Pomparan Raja Toga Manurung dohot Boruna (Patambor Indonesia) akan melaksanakan Pesta Rakyat Manurung yang akan diikuti sekitar 10.000 jiwa dari seluruh Indonesia.

Acara tersebut akan digelar, Jumat-Sabtu 09-10 Nopember 2018 mendatang, di Sopo Partukoan Manurung, Komplek Monumen Patambor Indonesia, Sibisa, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara. Kegiatan ini juga akan dihadiri pihak boru natua-tua marga Tambunan dan Sianturi.

Pesta Rakyat ini akan dirangkai dengan peresmian Sopo Partukkoan Patambor Indonesia dan Musyawarah Nasional (Munas) untuk memilih Ketua Umum dan pengurus lainnya periode 2018-2023.

Suasana rapat Patambor Indonesia berlangsung lancar, Sabtu 26 Mei 2018, di Aek Na Tolu, Lumban Julu, Tobasa

Hal ini merupakan agenda keputusan rapat yang dilakukan, Sabtu 26 Mei 2018, di Aek Na Tolu, Lumban Julu, Rumah Samsudin Manurung yang juga Panitia Pesta Raya Patambor Indonesia dan Ketua Fraksi Hanura DPRD Tobasa.

Rapat tersebut dipimpin Drs Manahara Manurung (Plt Ketum Patambor Indonesia yang juga Anggota DPRD Riau), Nobel Manurung (Sekretaris Jenderal), dan Edison Manurung SH MM (Ketua Bidang Humas dan Pemerintahan yang juga Staf Khusus Ketua DPD RI).

Dalam rapat tersebt hadir Drs Roy Manurung (Ketua Pesta Rakyat dan Munas), Chistopel Manurung (Sekretaris Munas), Maringan Manurung (Ketua Pembangunan Sopo  Partukoan Patambor), Midian Manurung (Sekretaris Pembangunan), Mateus Manurung, Asto Manurung, Pengurus Patambor Cabang Tobasa yakni Waldin Manurung, Jonggara Manurung, Golkar Manurung, Ketua-Ketua Patambor Kecamatan Tobasa, dan para Penasehat Patambor.

Edison Manurung SH MM dan lainnya mengunjungi Bangunan Sopo Partukkoan Patambor Indonesia di Sibisa

Edison Manurung SH MM, bacaleg DPR-RI dari Partai Hanura Dapil Sumut 2 yang tidak asing lagi di masyarakat kawasan Danau Toba mengatakan kegiatan ini digelar di Tobasa dengan harapan agar berdampak guna ke Kabupaten Tobasa dalam rangka mendukung Pemda dari segi pendapatan daerah.

“Patambor Indonesia sangat mendukung kemajuan wisata Danau Toba dan program Badan Otorita Danau Toba di era Presiden Jokowi,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 133/Jui 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 133/Juni 2018

Hal ini berkaitan dengan Kelurga Manurung yang merupakan salah satu marga berasal dari Sibisa dan keberadaan Kantor Pusat Badan Otorita Danau Toba di Sibisa. Bandar Udara (airport) yang sedang dibangun juga berdekatan dengan lokasi Komplek Monumen Patambor Indonesia.

Komplek Monumen Patambor Indonesia ini berada di hamparan tanah dengan luas sekitar 2,5 ha.


“Di tempat ini nantinya akan dibuat unit yang menjadi objek Wisata Budaya dengan dapat dikunjungi masyarakat dan terbuka untuk umum, serta Guest House agar yang turun dari pesawat di Bandara Sibisa dapat menginap langsung,” ujar Presiden EMC, Mantan Ketua DPP KNPI, dan Panitia Pembangunan Sopo Nomensen HKBP ini.

Sebelum rapat tersebut, pengurus Patambor Indonesia lebih dahulu meninjau Bangunan Sopo Partukkoan Patambor Indonesia di Sibisa. (MFH)

Komentar (1)

One Comment on “Patambor Indonesia: Akan Gelar Peresmian Sopo Partukkoan, Musyawarah Nasional, dan Pesta Rakyat”

  1. Kita mengucap syukur kepada Tuhan atas berkatnya kepada kita bangso Batak.Titiktangkap budaya Batak menerima Injil nanpak dalam budaya Batak dgn sistim marga dan dalihan ns tolu.Kita menyambut Rencana Marga Manurung mengadakan mubes di Partungkoan Sibisa.Kita harapkan melalui mubes ini dapat mendorong kemajuan bagi bangso Batak dan khususnya marga Manurung.Ada catatan yg perlu ditambahkan yaitu boru natuatua marga Manurung bukan hanya Tambunan dan Sianturi tetapi juga marga HUTAJULU.Mauliate.Tabe dht tangiang.Pdt.Luhut.P.Hutajulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (1)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel