Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara: Lakukan Pendataan Tambahan Calon Penerima Bansos Tunai

TARUTUNG, DNT News – Menindaklanjuti Surat Kementerian Sosial terkait adanya Penerima Bantuan Sosial Tunai (Bansos Tunai), Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi telah menginstruksikan kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah untuk mendata tambahan calon penerima dan selanjutnya akan diverifikasi Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Utara.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Utara Drs Indra Sahat Simaremare MSi, Selasa 21 April 2020 malam, di Ruang kerjanya Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung.

“Sesuai Surat Kementerian Sosial RI bahwa Tapanuli Utara memperoleh kuota sebanyak 18.481 KK penerima Bansos Tunai. Prioritas utama kita adalah sesuai dengan DTKS (Data Terpadu Kesehateraan Sosial) dan sudah beberapa hari ini dilakukan pendataan tambahan calon penerima oleh Camat bersama Kepala Desa-Lurah yang dikoordinasikan melalui Dinas Sosial,” katanya.

Sekda yang juga selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tapanuli Utara, berharap agar para Kepala Desa dan Lurah sebagai pelaksana teknis di lapangan mampu memberikan data yang valid sehingga tidak terjadi kesalahan data dalam penyaluran Bantuan.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 155/April 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 155/April 2020

Dijelaskan juga bahwa sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP), Bansos Tunai ini juga diperuntukkan bagi warga penyandang Disabilitas Berat, Keluarga yang memiliki anggota keluarga menderita penyakit menahun, Lansia terlantar, warga yang terkena dampak COVID-19, yang BUKAN penerima PKH dan Bantuan Sembako, serta BUKAN PNS/Pensiunan, Pegawai BUMN.

“Yang terdampak COVID-19 adalah warga yang kehilangan pekerjaan sehingga penghasilannya berkurang drastis atau bahkan tidak ada lagi sama sekali. Seperti petenun, buruh, petani, pekerja rumah makan, pekerja seni, supir angkutan/penarik becak, dan pekerja UMKM lainnya yang berpenghasilan rendah. Perlu diingatkan lagi, Bansos Tunai ini diluar penerima PKH dan Bantuan Sembako,” jelasnya.


Pada akhir penjelasannya, Sekda Drs Indra Sahat Simaremare MSi menyampaikan bahwa Bupati berpesan agar pendataan ini terlaksana dengan baik sehingga tepat sasaran dan Bansos ini dapat tersalurkan dengan cepat.

“Kita akan tetap pantau sampai Bansos Tunai ini dapat realisasi kepada para penerima secepat mungkin,” pungkasnya. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel