Perjalanan 7 Tahun Memimpin, Tapanuli Utara Merdeka Hampir Tergenapi

Oleh: Drs. Nikson Nababan, M.Si
(Bupati Tapanuli Utara)

Perjalanan luar biasa, jatuh bangun bahkan kadang tertatih, saya berusaha menyusuri daerah daerah terisolir di Tapanuli Utara.

Infrastruktur sebagai kunci menuju kemakmuran sebuah daerah, membuat saya prioritaskan pembangunan jalan jembatan dan pembukaan jalan jalan pertanian.

Dari tahun 2014 hingga 2020 lahan lahan tidur digarap secara gratis menjadi lahan lahan produktif seluas 3.948 hektar.

Jalan dan jembatan dibangun, daerah terisolir terbuka akses dan terkoneksi antar desa, antar kecamatan bahkan antar Kabupaten. Pembangunan jalan hotmix sepanjang 289,45 km. Lapen 321,80, rabat beton 567,34, telford 882,37, dan jembatan sebanyak 81 unit.

Kolam kolam ikan dicetak seluas 557.171 m2, bantuan benih ikan sebanyak 4.495.820 diberikan kepada masyarakat. Produksi ikan bisa bertumbuh dengan total 12.514,45 ton.

Seluruh Tapanuli Utara hingga pelosok sudah terang benderang. Pada akhir tahun 2021 semua akan tuntas. Untuk yang baru baru ini saya kunjungi, pembangunan tiang listrik  di Dusun Parik Kecamatan Parmonangan yang merupakan usulan super prioritas beberapa sudah selesai dikerjakan.

Cover Depan DALIHAN NA TOLU
Edisi 169/Agustus 2021
Cover Belakang DALIHAN NA TOLU
Edisi 169/Agustus 2021

Adapun beberapa desa/dusun yang akan saya resmikan dalam waktu dekat, yakni Desa Rura Julu dolok dan Desa Rura Julu Toruan Kecamatan Sipoholon, Dusun Lobu Tape dan Dusun Longat Kecamatan Pahae Julu, Dusun Hutaginjang Kecamatan Muara, Dusun Lumbantobing dan Dusun Parik  Kecamatan Parmonangan, serta Dusun Aek Matio Kecamatan Adiankoting.

Saat ini, saya sedang berjuang ke Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR guna  Lanjutan Pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Tarutung dengan kapasitas 50 liter per detik.

Karena apabila lanjutan pembangunan SPAM berupa pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dan Jaringan Pipa Distribusi tidak dilakukan maka air baku yang dibangun tersebut tidak dapat digunakan.


Pada audiensi semalam (Kamis 05 Agustus 2021), Direktur Air Minum Yudha Mediawan MDev Plg menyampaikan akan mengupayakan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dan jaringan pipa distribusi Tahun Anggaran 2022-2023.

Kementerian PU mengalami pengurangan anggaran yang cukup besar sebagai dampak pandemi Covid-19 tapi pada kesempatan itu, Direktur Air Minum menyampaikan bahwa Kabupaten Tapanuli Utara merupakan prioritas.

Apabila pembangunan SPAM ini bisa tuntas 2022, maka kebutuhan air di Tapanuli Utara yang selama ini  masih mengalami kendala dan kekurangan akan segera teratasi.

Di akhir jabatan saya nanti, saya bisa tenang dan bahagia karena ada senyum bahagia di mata rakyat saya. Itu doa dan harapan saya. Mereka merdeka dan bebas dari kemiskinan.

Merdeka….

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel