Persatuan Artis Batak Indonesia: Gelar Virtual Concert YouTube TV PARBI Bertajuk “HORAS PARBI”#5 Bersama Dua Karya Komponis Batak

JAKARTA, DNT News – Karya lagu Komponis Batak menghiasi berbagai acara yang dilakukan masyarakat Batak di tengah pandemi Covid-19. Dengan adanya kegiatan yang dinikmati lewat daring ini memberikan informasi kepada masyarakat siapa pencipta lagu tersebut. Sehingga bukan saja nama penyanyinya yang dikenal masyarakat tapi juga nama pencipta lagunya.

Hal inilah yang dilakukan PARBI (Persatuan Artis Batak Indonesia) dengan Ketua Umum H Andi Situmorang ketika menggelar Live Streaming YouTube TV PARBI bertajuk “HORAS PARBI”#5 Bersama Dua Komponis Batak, Sabtu 12 Desember 2020 malam dari Sekretariat PARBI kawasan Jakasampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kedua Komponis Batak itu adalah Iran Ambarita dan Abidin Simamora. Karya lagu-lagu mereka yang bercerita tentang nasehat, orang tua, cinta, kehidupan, dan lainnya sangat menyentuh hati sanubari dan suara kalbu para pemirsa. Lagu tersebut sukses dibawakan para artis pendukung dengan diiringi pemusik Nixon Girsang, Putra M Situmorang, dan Liud Tobing. MC diperankan Arsyad Berutu dan Rani Simbolon yang mampu menghantarkan acara menjadi lebih semarak.

Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada pemenang Sayembara Lomba Design Piala PARBI AWARDS yang berhasil dimenangkan Budi Rahayu. Penasehat PARBI Nelson P Sitompul SE MM dengan keiklasan hati menyerahkan hadiah uang Rp 15 juta kepada Budi Rahayu yang diwakili Darman Siahaan dan Ketua Umum Andi Situmorang memberikan Piagam Penghargaan. PARBI AWARDS ini akan diserahkan Sabtu 16 Januari 2021 mendatang kepada anggota PARBI yang memiliki viewer tertinggi di YouTube.

Pada acara tersebut dilakukan talkshow kepada Komponis Batak Iran Ambarita yang disapa Suhu dan Penasehat PARBI Nelson P Sitompul SE MM. Mereka bercerita tentang proses penciptaan sebuah lagu dan makna dari lagu yang diciptakan.

Penasehat PARBI Nelson P Sitompul SE MM dengan keiklasan hati menyerahkan hadiah uang Rp 15 juta kepada Budi Rahayu dan Ketua Umum Andi Situmorang memberikan Piagam Penghargaan
MC Arsyad Berutu dan Rani Simbolon melakukan talkshow kepada Komponis Batak Iran Ambarita dan Penasehat PARBI Nelson P Sitompul SE MM
Andi Situmorang dengan mantap mengumandangkan karya Iran Ambarita “Dung Hutanda Ho Ito” dan karya Abidin Simamora “Aha Ma Na Tau Siingoton Hu”

Kegiatan “HORAS PARBI”#5 Bersama 2 Komponis Batak ini dibuka dengan penampilan Tulbero Trio personil Rudi Sirait, Doan Napitupulu, dan Jun Siahaan dengan perpaduan suara khas mengumandangkan lagu ciptaan Abidin Simamora “Boasa” dan ciptaan Iran Ambarita “Paima Suda Gogongki”. Pada penampilan kedua, mereka membawakan lagu karya Iran Ambarita “Dos Do Nakkokna”.

Setelah itu muncul Ida Simamora penyanyi solo wanita dengan manis membawakan lagu karya Abidin Simamora “Hurikkoton” dan lagu berirama riang “Tona”. Pada penampilan kedua, dia kembali mengumandangkan ciptaan Abidin Simamora “Damang Na Burju”.

Andreyandra Siahaan penyanyi solo pria berwajah ganteng berhasil membawakan ciptaan Iran Ambarita “Najolo”, “Dang Boi Bulan Mangkatai”, dan “100 Taon”
Tulbero Trio dengan perpaduan suara khas mengumandangkan ciptaan Abidin Simamora “Boasa” dan ciptaan Iran Ambarita “Paima Suda Gogongki” dan “Dos Do Nakkokna”
Dorman Manik dan Rani Simbolon tampil duet dengan penuh cinta dan kemesraan menampilkan ciptaan Abidin Simamora “Hupikkiri”, “Ho Do Nahupillit”, dan “Ho Do Sasude”

Anjuma Trio yang digawangi tiga pria dengan mulus menyajikan lagu ciptaan Iran Ambarita “Di Bulan Na Salpu” dan  “Boanonku Do Ho” serta lagu ciptaan Abidin Simamora “Mandar Ni Dainang”. Pada penampilan kedua, mereka sekaligus membawakan dua lagu karya Iran Ambarita “Ari Selasa Mulak tu Batam” dan “Supir Panjang”.

Kemudian tampil Andreyandra Siahaan penyanyi solo pria berwajah ganteng dengan kemampuan vokal bulat dan tinggi namun merdu berhasil membawakan ciptaan Iran Ambarita “Najolo” dan “Dang Boi Bulan Mangkatai”. Pada penampilan kedua, dia juga dengan apik membawakan karya Iran Ambarita “100 Taon”.

Anjuma Trio dengan mulus menyajikan ciptaan Iran Ambarita “Di Bulan Na Salpu”, “Boanonku Do Ho”, “Ari Selasa Mulak tu Batam” dan “Supir Panjang” serta ciptaan Abidin Simamora “Mandar Ni Dainang”
Ida Simamora penyanyi solo wanita dengan manis membawakan lagu karya Abidin Simamora “Hurikkoton”, “Tona”, dan “Damang Na Burju”
Dibalik kesuksesan acara “HORAS PARBI”#5 Bersama Dua Komponis Batak terdapat Tim Kreatif terdiri dari Parlin Sihombing, Indra Setiawan, Josri Panggabean, dan Renhard Manik

Selanjutnya Dorman Manik penyanyi top dengan karakter vokal kuat membawakan lagu ciptaan Abidin Simamora “Holan di Angan-angan” dan bersama Rani Simbolon tampil duet dengan penuh cinta dan kemesraan menampilkan ciptaan Abidin Simamora “Hupikkiri”. Pada penampilan kedua, pasangan suami istri ini kembali menyajikan lagu yang mewarnai perjalanan kariernya karya Abidin Simamora berjudul “Ho Do Nahupillit” dan “Ho Do Sasude”.

Ketua Umum PARBI Andi Situmorang yang merupakan personil Trio Ambisi dengan mantap mengumandangkan karya Iran Ambarita “Dung Hutanda Ho Ito” dan karya Abidin Simamora “Aha Ma Na Tau Siingoton Hu”.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020

Sebagai nomor pamungkas All Artis bersama pendukung acara dan kedua Komponis Batak mengumandangkan karya besar luar biasa dari Iran Ambarita ”Tapasada Ma Rohatta”. Lagu yang seakan menjadi lagu wajib pada berbagai kegiatan masyarakat Batak ini dibawakan secara megah dan atraktif yang membuat pemirsa bagaikan menonton sebuah konser kolosal.

Dibalik kesuksesan acara Live Streaming YouTube TV PARBI bertajuk “HORAS PARBI”#5 Bersama Dua Komponis Batak ini terdapat Tim Kreatif yang terdiri dari Parlin Sihombing, Indra Setiawan, Josri Panggabean, dan Renhard Manik. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel