Tiga Tokoh Batak Dianugerahi Sebagai Tokoh Pilihan PERWAMKI

JAKARTA, DNT News – Sebanyak tiga tokoh Batak menerima penganugerahan sebagai tokoh pilihan PERWAMKI (Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia). Mereka adalah Pdt Dr Japarlin Marbun MPd, John SE Panggabean SH MH, dan Djasarmen Purba SH. Ada 21 orang dipilih menjadi tokoh menurut versi PERWAMKI.

Eksistensi orang Batak dalam kiprahnya sebagai bagian dari bangsa Indonesia memang diperhitungkan. PERWAMKI sebagai salah satu organisasi yang menghimpun para wartawan media Kristen mengusulkan ketiga orang Batak tersebut karena kiprah mereka memainkan peran penting di masyarakat dan gereja. Tepatlah jika PERWAMKI memilih mereka menjadi tokoh yang dapat diteladani.

Mari mengenal dan melihat lebih dekat siapa dan apa kiprah ketiga tokoh Batak penerima penganugerahan tokoh pilihan PERWAMKI pada Malam Cinta Bagi Negeri bertajuk “Berkarya dan Memberi yang Terbaik” yang digelar, Rabu 10 November 2020, di Hotel Aston Bullevue, Jakarta Selatan.

Pertama, Pdt Dr Japarlin Marbun MPd terpilih sebagai tokoh kategori khusus karena dedikasi dan kontribusinya bagi masyarakat dan gereja. Saat memimpin sebagai Ketua Umum Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) periode 2014-2018, dia sukses menjadikan GBI sebagai gereja yang inklusif dan transparan. Dia membenahi sistem keuangan gereja dari pusat sampai lokal dalam kerjasama dengan dua bank besar.

John SE Panggabean SH MH menerima penganugerahan sebagai tokoh kategori khusus pilihan PERWAMKI

Pdt Japarlin Marbun memosisikan para wartawan Kristiani dalam pelayanannya sebagai mitra kerja. Lewat media, dia menyosialisasikan dan melaporkan program kerja dan kebijakan GBI. Sejak tahun 2014 hingga 2018 ia dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (BAMAG Nasional). Jabatannya sejak 2006 hingga sekarang, dia adalah Ketua Umum Sekolah Alkitab & Teologia Pentakosta Indonesia di Jakarta (PESATPIN).

Kedua, John SE Panggabean SH MH terpilih sebagai tokoh dengan kategori khusus. Pengacara atau advokat senior ini dikenal  multi talenta. Ketua Dewan Pimpinan Cabang Peradi SAI Jakarta Timur dan juga Ketua Komunitas Marga Panggabean Se-Jabodetabek ini aktif sebagai pengkhotbah, penyanyi, dan pencipta lagu rohani. Dia kerap dipanggil untuk berkhotbah di berbagai gereja.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 160/Nopember 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 160/Nopember 2020

John SE Panggabean SH MH dikenal dekat dengan kalangan pers, khususnya wartawan kristiani. Ia pernah mendirikan majalah hukum PLEDOI (2006-2008) dan aktif menulis artikel tentang penegakan hukum dan kerohanian Kristen di beberapa media cetak. Hingga kini, ia memiliki pengalaman ekstensif lebih dari 30  tahun menangani perkara litigasi. Ia adalah pendiri dan Ketua Masyarakat Peduli Penegakan Hukum Indonesia (MAPPHI).

Ketiga, Djasarmen Purba SH terpilih sebagai tokoh organisasi masyarakat (ormas) Kristen. Selain sebagai politisi dan pengusaha, sosok Batak yang satu ini dipercaya memimpin Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) sebagai Ketua Umum. Dia tipe visioner dan mendukung gerakan-gerakan pluralisme dan lintas agama.

Dalam periode kepemimpinannya, MUKI telah banyak berkiprah dan sebagai satu-satunya ormas Kristen yang mewadahi kepentingan-kepentingan umat Kristen di berbagai bidang dan profesi. Dia juga sebagai salah satu pendiri BATAK CENTER dan menjadi Wakil Ketua pada Dewan Penasihat Nasional pada organisasi tersebut. (BTS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel