Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tapanuli Utara: Hasil Swab Test Dugaan Petugas Puskesmas Situmeang Habinsaran Terpapar COVID-19 Ternyata Negatif

TAPANULI UTARA, DNT News – Sangat bersyukur hasilnya negatif. Kita lega. Kita sudah lakukan sesuai protokol kesehatan COVID-19 untuk menghindari penyebaran. Dengan kesigapan dan kewaspadaan yang baik, kita sudah melakukan yang terbaik untuk kesehatan masyarakat Taput. Puji Tuhan hasilnya Negatif.

Hal ini dikatakan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tapanuli Utara, Drs Indra Simaremare MSi pada Siaran Pers, Rabu 22 April 2020 sore, terkait adanya dugaan petugas Puskesmas Situmeang Habinsaran berinisial RS warga Sipoholon terpapar COVID-19.

“Sore ini, Rabu 22 April 2020, pada pukul 16.30 WIB kembali kita terima hasil Laboratorium Swab Nasal Tenggorokan atas nama RS dari Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara dengan nomor Lab. C. 39.00171 dengan Hasil Negatif,” katanya.

“Jadi, hari ini telah kita umumkan kedua hasil Swab Test. Yang pertama PDP atas nama TS dengan hasil negatif dan yang kedua hasil tracing atas nama RS dengan hasilnya juga negatif,” sambungnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 155/April 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 155/April 2020

Disampaikannya, setelah Rapid Test waktu lalu kepada pasien TS, dilakukan tracing dan ditemukan RS, 48 tahun, RM: 190577, Rapid Test reaktif (+) pada tanggal 16 April 2020. Riwayat RS kontak dengan TS tanggal 08 April 2020 sewaktu memberikan obat di Puskesmas Situmeang Habinsaran.

Sesuai protokol Kesehatan pencegahan COVID-19, setelah keluar hasil Rapid Test reaktif (+), RS diisolasi selama dua hari di rumah sakit. Tetapi karena tidak ada gejala dan dalam keadaan sehat, dilanjutkan isolasi mandiri di rumah.

“Kemudian hasil Rapid Test kita lanjutkan kepada Swab Test melalui pengambilan sampel dengan alat VTM yang baru kita dapatkan waktu lalu dan dikirim ke Laboratorium Rumah Sakit USU Medan. Sore ini hasilnya telah keluar, Negatif,” ujarnya.


Pada akhir Siaran Pers-nya, Drs Indra Simaremare MSi mengaku lega. Namun dia tetap menghimbau kepada masyarakat Tapanuli Utara untuk tetap waspada dan jangan lengah.

“Tidak bosan-bosannya kami menghimbau agar setiap ada orang yang mengalami gejala, segera dilaporkan. Orang keluar masuk Taput tetap diperiksa dengan ketat. Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, hindari kerumunan, jaga jarak, dan tetaplah tinggal di rumah. Salam Sehat,” pungkasnya. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel