Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, S.H.: Pimpin Rapat Pembinaan Reformasi Birokrasi dan SAKIP

TARUTUNG, DNT News – Kekurangpahaman akan komitmen dalam pelaksanaan tugas masing-masing akan mempengaruhi penilaian kinerja kita. Sehingga menimbulkan kesan Pemerintah tidak berbuat. Kita berupaya setiap tahun harus ada peningkatan kinerja setiap OPD, harus mampu menjabarkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sesuai tupoksi masing-masing dalam bentuk program dan kegiatan.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat SH mewakili Bupati Drs Nikson Nababan MSi ketika memimpin Rapat Pembinaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Jumat 09 Oktober 2020, di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung.

“Bapak Bupati berharap kita memperoleh nilai terbaik. Diminta setiap OPD mampu menjabarkan tugas dan fungsinya dengan indikator yang jelas sesuai dengan RPJMD maupun Renstra,” katanya.

Pada rapat tersebut Wakil Bupati menekankan agar setiap pejabat mengerti dan fasih atas tugas pokok dan fungsi masing-masing. Dia didampingi Parsaoran Hutagalung (Asisten I), Satya Dharma Nababan (Asisten III), dan Marihot Simanjuntak (Kepala Bagian Organisasi), serta dihadiri seluruh OPD dan Camat se-Tapanuli Utara.

Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat SH mewakili Bupati Drs Nikson Nababan MSi memimpin Rapat Pembinaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara juga mengundang narasumber secara daring dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili Ronal Andrea Annas Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan I.

Kutipan penjelasan Ronal Andrea Annas melalui aplikasi virtual menjelaskan pentingnya menyamakan persepsi dengan perubahan paradigma apa yang perlu diinformasikan pada SAKIP, bukan hanya sekedar besaran nilai input (nominal kegiatan) tapi berbasis pada kinerja yang didukung manajemen kinerja.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 159/Oktober 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 159/Oktober 2020

“Managemen ini diawali dengan perencanaan yang baik, salah satunya dengan konsep Pohon Kinerja,” katanya.

Pada akhir pertemuan tersebut, Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH kembali menekankan seluruh OPD untuk segera melakukan perbaikan atas laporan SAKIP yang akan dilakukan evaluasi pada waktu dekat ini.

“Saya minta semua berkaca pada diri sendiri. Apa kita sudah mampu melaksanakan tugas yang diberikan kepada kita? Diminta keseriusan kita seluruhnya sehingga ada peningkatan pada penilaian SAKIP ini. Kita harus sebagai Super Tim. Berbagai prestasi yang diraih Bupati dalam beberapa tahun ini harus ditunjukkan juga melalui peningkatan penilaian SAKIP ini,” pungkasnya. (FAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel