Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul: Gelar Grand Final “NPS Festival 2020”

TAPANULI UTARA, DNT News – Merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia dan berbagai negara belahan dunia membuat banyak orang bekerja dari rumah. Akibatnya para generasi muda kesulitan melakukan aktivitas dan kebanyakan hanya bermain gadget.

Atas dasar itulah Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul (Yayasan NPS) dengan Pendiri dan Ketua Pembina Nelson P Sitompul SE MM melakukan kegiatan untuk mengasah kemampuan di bidang tarik suara berupa “NPS Festival 2020” yang Grand Final digelar Sabtu 12 Desember 2020 mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB, di Panggung Ophal Resto, Siborongborong, Tapanuli Utara.

Pembina Yayasan NPS, Resman Sitompul SH mengatakan festival ini bertujuan untuk menciptakan kegiatan positif bagi generasi muda, mencari bibit penyanyi muda, dan mengingatkan generasi muda bahwa sekalipun merebak pandemi Covid-19 tetap masih bisa berkarya. Dia berharap kedepan para pemenang semakin semangat agar dapat melanjut ke tingkat nasional seperti Indonesia Idol. “Kita punya Agnes Tobing dan masih banyak talenta lainnya yang semuanya didukung penuh Yayasan NPS,” katanya.

Kegiatan yang dipanitiai Hermanto Simanjuntak SPd (Ketua), Lukas Sihombing (Sekretaris), dan Liem M Simatupang (Bendahara) ini memulai pendaftaran dari Sabtu 10 Oktober 2020 hingga Rabu 28 Oktober 2020. Dalam audisi yang dilakukan secara online hingga Minggu 08 November 2020 para peserta membuat video rekaman menyanyikan lagu “Namalo Marende”, “Hasian”, dan “Napantas Marroha” (NPS Official).

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi menyerahkan hadiah kepada Juara I (pertama) Dhea Grace A Simanjuntak dari Tarutung
Pembina Yayasan NPS Resman Sitompul SH menyerahkan hadiah kepada Juara II (kedua) Chaterina F Teresia Lumbantoruan dari Siborongborong
Dewan Juri Sofian Lumbantobing menyerahkan hadiah kepada Juara III (ketiga) Asima Trio dari Medan

Dari 50-an peserta audisi dengan Dewan Juri terdiri dari Sofian Lumbantobing (Tapanuli Utara), Parlindungan Sihombing (Jakarta), dan Indro Simanjuntak (Medan) dihasilkan 10 (sepuluh) peserta yang masuk Grand Final.

Ke-10 peserta Grand Final yang berasal dari beberapa daerah di Sumatera Utara ini berkompetisi di hadapan Dewan Juri Sofian Lumbantobing (Tapanuli Utara), Indro Simanjuntak (Medan), dan Gindo Hutasoit (Tapanuli Utara). Mereka menyanyikan dua lagu yakni “Danau Toba Kepingan Sorga” (Edison Sibuea Official) dan “When I Know (NPS Official). Para hadirin semua menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Mereka adalah Grachela Manik dari Tarutung, Dhesri Simangunsong dari Sipahutar, Kristin Silalahi dari Sipahutar, Fitry dari Laguboti, Rut Medlin Sianturi dari Siatas Barita, Chaterina F Teresia Lumbantoruan dari Siborongborong, Yolani Sitompul dari Pahae, Dhea Grace A Simanjuntak dari Tarutung, Asima Trio dari Medan, dan Jepti Sinaga dari Tebingtinggi.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Pembina Yayasan NPS Resman Sitompul SH diabadikan dengan para pemenang dan panitia
Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi menyampaikan kata sambutan
Pembina Yayasan NPS Resman Sitompul SH menyampaikan kata sambutan

Berdasarkan penilaian Dewan Juri dihasilkan tiga pemenang. Juara I (pertama) Dhea Grace A Simanjuntak dari Tarutung meraih hadiah uang tunai Rp 4 juta plus trofi, piala bergilir, piagam, medali, dan rekaman bersama NPS Voice membawakan lagu “When I Know” ciptaan Hermanto Simanjuntak SPd.

Sementara Juara II (kedua) Chaterina F Teresia Lumbantoruan dari Siborongborong meraih hadiah uang tunai Rp 2 juta plus trofi, piagam, dan medali. Juara III (ketiga) Asima Trio dari Medan meraih hadiah uang tunai Rp 1 juta plus trofi, piagam, dan medali.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 161/Desember 2020

Pada Grand Final tersebut hadir Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Nelson Nababan, Pandapotan Sitompul, Kadis Pariwisata Binhot Aritonang, dan OPD lainnya. Bupati pun berkenan memberikan tambahan hadiah masing-masing Rp 500 ribu kepada ketiga pemenang.

Hadir juga artis NPS Voice (personil Hermanto Simanjuntak, Daus Simanjuntak, Indro Simanjuntak, Rafydo Silitonga, dan Liem Siburian), All Artis Taput Mencari Bakat (Masrosalin Siregar, Feby Aritonang, January Sitompul, Jean Donata, dan Lely Panjaitan), serta stand-up comedy Jani Simanjuntak.

Acara ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Dinas Pariwisata Tapanuli Utara, dan Dewan Kesenian Tapanuli Utara. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel