Yayasan NPS: Gelar Seminar Membangun Etos Kerja Unggul Bagi Guru PAUD Se-Kecamatan Siatas Barita

SIPOHOLON, DNT News – Kiranya kegiatan seminar ini bisa memberikan motivasi dan peningkatan kualitas bagi para Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Se-Kecamatan Siatas Barita. Sejak berdirinya “Yayasan NPS” ini sudah sering menggelar berbagai kegiatan untuk mendukung kemajuan masyarakat yakni ajang pencarian bakat “Taput Mencari Bakat” (TMB) selama tiga kali dan “Turnamen Catur Antar Pelajar” Se-Tapanuli Utara.

Hal ini dikatakan Pembina Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul (Yayasan NPS), Resman Sitompul SH, ketika Yayasan NPS menggelar “Seminar Membangun Etos Kerja Unggul Guru PAUD” Se-Kecamatan Siatas Barita, Jumat 14 Januari 2022, di Bhinneka Resto, Sipoholon, Tapanuli Utara.

“Dalam mendukung mutu pendidikan, Yayasan NPS juga mendirikan PAUD MOSBA di Desa Sitompul, Kecamatan Siatas Barita. Kemudian dalam meningkatkan motivasi dan kualitas, Yayasan NPS menggelar seminar Etos Kerja Unggul bagi seluruh guru PAUD di Kecamatan Siatas Barita,” katanya.

Resman Sitompul SH menjelaskan bahwa “Yayasan NPS” didirikan tahun 2016 lalu. Adapun pengurus adalah Pendiri dan Ketua Pembina: Nelson P Sitompul SE MM, Pembina: Resman Sitompul SH, Ketua: Parlaungan Sitompul, Sekretaris: Mula PP Sitompul, dan Bendahara: Rosa Sitompul.

Pada seminar tersebut hadir Satika Simamora SE MM (Bunda PAUD Kabupaten Tapanuli Utara),  Bontor Hutasoit (Kadis Pendidikan Tapanuli Utara), Martua Situmorang (Pemerhati Pendidikan Tapanuli Utara), Elyanto Sitompul (Camat Siatas Barita), Mula PP Sitompul (Kepala Desa Sitompul Kecamatan Siatas Barita), Agnes Simorangkir (Bunda PAUD Siatas Barita), Jasa Sitompul (Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Pahae), dan lainnya.

Pembina “Yayasan NPS” Resman Sitompul SH, Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, dan lainnya pada “Seminar Membangun Etos Kerja Unggul”
Pembina “Yayasan NPS” Resman Sitompul SH, Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Bontor Hutasoit, dan Martua Situmorang

Dalam seminar itu, Yayasan NPS menghadirkan Etos Master & Motivator Nasional, Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM untuk memberikan motivasi dan bimbingan kepada 42 peserta Guru PAUD Se-Kecamatan Siatas Barita yang mengikuti seminar tersebut.

Saut Sitompul memaparkan 8 Etos Kerja Profesional yang perlu diterapkan oleh Guru PAUD yakni kerja adalah rahmat, kerja adalah amanah, kerja adalah panggilan, kerja adalah aktulisasi, kerja adalah ibadah, kerja adalah seni, kerja adalah kehormatan, dan kerja adalah pelayanan.

“Orang yang bersyukur akan bertambah berkat padanya dan orang yang mengeluh akan terhambat berkat padanya. Janganlah kutuki kegelapan tetapi jadilah cahaya bagi kegelapan. Jadilah sumber solusi dalam memberikan pendidikan,” ujarnya.

Cover Depan DALIHAN NA TOLU
Edisi 174/Januari 2022
Cover Belakang DALIHAN NA TOLU
Edisi 174/Januari 2022

Diingatkannya, guru harus menjadi chooser atau proaktif menawarkan solusi dalam meningkatkan komptensi diri yang unggul, meningkatkan karakter moral mulia dan kinerja yang unggul, serta meningkatkan kompetensi diri dan fokus memberikan yang terbaik untuk organisasi dan kepuasan nasabah.

“Guru PAUD harus optimis positif. Setiap berinteraksi harus sabar dan penuh kelembutan. Guru PAUD harus menjadi saluran berkat bagi siswa. Kesempurnaan bukan karena kecerdasan intelektual tetapi karena kecerdasan sikap atau karakter,” tegasnya.

Lebih lanjut Saut Sitompul menerangkan bahwa fungsi utama guru adalah membangun nilai karakter, melatih pola pikir membangun pengetahuan anak didik, melatih keterampilan sosial, dan praktikal teknis lainnya.


Kemudian peran utama guru yakni menguasai dan mengembangkan mata pelajaran yang menjadi tugasnya, mampu mempraktekkan dan mendemonstrasikan teknik penerapan pelajaran, membangkit semangat agar murid menjadi senang dan bergairah belajar, memberikan pandangan agar murid mendapatkan gambaran sukses di masa depan, sahabat untuk berdiskusi dan curahan hati, serta merawat dan membimbing dengan penuh kasih sayang.

“Memimpin diri harus mampu membangun nilai karakter, membangun bidang pengetahuan, dan melatih keterampilan yang dimiliki oleh guru. Membangun karakter 5S yakni senyum, sapa, salam, sopan, dan santun harus diterapkan dalam kehidupan,” pungkasnya.

Para Guru PAUD se-Kecamatan Siatas Barita sangat termotivasi dan merasa semangat atas bimbingan yang diberikan oleh Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM dalam seminar tersebut. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel